BI Tak Ingin Cetak Uang Banyak-banyak

FILE PHOTO: Bank Indonesia’s logo is seen at its headquarters in Jakarta, Indonesia, January 17, 2019. REUTERS/Willy Kurniawan/File Photo

Centralnews ā€“ Jakarta, Meski banyak yang meminta BI untuk mencetak uang termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warijoyo menekankan bahwa BI tidak akan mengambil langkah mencetak uang untuk menambah likuiditas di perbankan.

Hal ini lantaran menurutnya BI harus memilih cara yang sesuai dengan mekanisme pasar. Meskipun BI dapat melakukannya, namun cetak uang untuk menambah likuiditas perbankan serta membantu pembiayaan defisit fiskal dinilai bukan hal yang tepat.

Mengutip dari CNBC Indonesia, adapun metode pencetakan uang oleh bank sentral disebut dengan Modern Monetary Theory (MMT). Saat ini, bank sentral AS atau The Fed juga didorong untuk melakukan MMT demi menambal defisit fiscal.

“Pandangan-pandangan itu tidak sejalan dengan praktek kebijakan yang lazim, bukan praktik kebijakan moneter lazim, dan tidak akan dilakukan di BI,” ujar Perry, Kamis (14/5/2020). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here