Kemenag Harap Rumah Ibadah Jadi Contoh yang Baik

Foto: net, Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Centralnews – Jakarta, Dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) mengharapkan rumah ibadah dapat menjadi contoh yang baik.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi. Menurutnya, langkah yang dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan untuk pembukaan rumah ibadah yang berada di daerah aman Covid-19 dan melaksanakan protokol kesehatan yang ditentukan.

Untuk pelaksanaan pembukaan rumah ibadah tersebut, Kemenag telah mengeluarkan surat edaran yang berisi aturan yang harus dilakukan agar rumah ibadah tersebut bisa kembali dibuka.

“Rumah ibadah harus jadi contoh terbaik dalam pencegahan Covid-19,” kata Fachrul dalam konferensi pers virtual, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (30/5/2020).

Lebih lanjut, Fachrul menjelaskan, rumah ibadah yang diizinkan untuk dibuka harus dijamin berada di area yang aman dari pandemi Covid-19. Artinya, jika di sekitar rumah ibadah tersebut terdapat kasus Covid-19, maka tidak akan diizinkan untuk dibuka.

Masih mengutip dari CNBC Indonesia, adapun ketentuan untuk pembukaan kembali rumah ibadah tercantum pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi Covid-19.

Loading...

Selain itu, dalam surat edaran tersebut, dijabarkan mengenai ketentuan pelaksanaan kegiatan keagamaan dan sosial yang dilakukan di rumah ibadah. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here