Mendag Pastikan Aktivitas Perdagangan Buka Juni 2020

Foto: net, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Centralnews – Jakarta, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan mal dan aktivitas perdagangan lain mulai dibuka di Juni 2020.

Hal tersebut dikatakannya saat menyampaikan lima fase pembukaan tatanan kehidupan baru (new normal) bidang perdagangan.

“Seluruh elemen di bidang perdagangan kini mulai bersiap. Kementerian Perdagangan telah mempersiapkan Exit Strategy COVID-19 dengan membuka aktivitas perdagangan. Tahapan tersebut terdiri dari lima fase dengan persyaratan yang berbeda tergantung tingkat kerentanan terhadap potensi penyebaran COVID-19,” kata Agus dalam siaran pers resmi di situs Kemendag, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (30/5/2020).

“Penerapan pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha yang menggerakkan roda perekonomian bangsa ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh.” Terangnya.

Exit Strategi COVID-19 Kementerian Perdagangan ini, lanjut Agus, akan dilakukan dengan membuka aktivitas perdagangan secara bertahap dan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, pembatasan jam dan kapasitas operasional, pengaturan jumlah kunjungan dan pembatasan waktu sirkulasi pengunjung, serta penyusunan SOP di tempat-tempat kegiatan perdagangan melalui mitigasi risiko.

Loading...

Menurutnya, pembukaan aktivitas perdagangan dapat dilaksanakan di daerah atau wilayah zona hijau dengan angka reproduksi virus kategori Rt<1. Saat ini ada sekitar lebih dari 100 daerah zona hijau (kabupaten/kota) di 8 provinsi (Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Jambi, DKI Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here