MenPAN-RB Sebut RI Masih Kekurangan Tenaga Pendidik hingga Kesehatan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Centralnews – Jakarta, Indonesia masih kekurangan PNS tenaga pendidik hingga kesehatan. Termasuk juga tenaga penyuluh pertanian, pengairan, maupun kehutanan.

 Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Menurutnya, total kekurangan tersebut mencapai ratusan ribu orang


“Kita masih kurang 700.000 tenaga pendidik, masih kurang 270.000 tenaga kesehatan dari dokter, bidan, perawat. dan masih kurang 100.000 lebih tenaga penyuluh, penyuluh pertanian, penyuluh pengairan, penyuluh Kehutanan dan sebagainya,” ujar Tjahjo dalam Webinar di saluran YouTube Kementerian PANRB seperti dikutip dari detikFinance, Senin (22/6/2020).

Atas hal demikian, Tjahjo menuturkan emerintah bertahap mengurangi perekrutan CPNS yang bergerak di bidang administrasi. Ia menjelaskan, dari total 4,3 juta PNS, sekitar 70% tersebar di daerah, dan cukup banyak yang bergerak dalam bidang administrasi.


“Penerimaan CPNS tahun kemarin sudah kita arahkan tidak menerima pegawai administrasi. Kembali harus kita catat bahwa 4,3 juta ASN kita, yang 70% berada di daerah itu, 1,6 juta lebih itu adalah pegawai dalam standar administrasi,” tutur Tjahjo. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here