PT Sikonakamura Dwi Karya, 11 Bulan Tak Gaji Kariawannya

Centralnews – Serang, Puluhan karyawan PT Sikonakamura Dwi Karya, yang berada di Kawasan Industri Pancatama, blok E 57, Leuwi Limus,  Kabupaten Serang mengeluh karena tidak digaji hingga 11 bulan. Bahkan terdapat satu orang karyawan yang meninggal dunia karena tidak memiliki biaya untuk berobat. 

Ifan Roifan petugas keamanan yang telah bekerja 12 tahun di perusahaan tersebut masih terus bekerja walau pun sudah tidak menerima gaji.

“Jadi kami tidak digaji hingga 11 bulan,  tapi kami tetep bekerja dan harus mengeluarkan uang sendiri untuk ongkos,” keluh Ifan, Jumat (17/7/2020).

Ifan mengatakan, temannya meninggal dunia akibat tidak bisa berobat. Karena BPJS kesehatan tidak dibayarkan oleh perusahaan selama satu tahun lebih.

Loading...

 “Sampai kawan saya Lukman tidak bisa tertolong nyawanya karena tidak bisa berobat,  kondisi ini setahun lebih, ” katanya. 

Tuntutan kepada perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi ini telah dimediasi antara pihak perusahaan dan karyawan di Disnaker Kabupaten Serang. Namun tidak ada kejelasan hingga saat ini.

 “Sudah tiga kali mediasi,  minggu lalu juga ada pertemuan,  tapi tidak ada kejelasan, ” kata dia. 

Selama ini untuk menutupi kebutuhan hidup, dirinya sudah menjual barang – barang miliknya seperti kendaraan dan barang-berharga lainya. “Sudah habis semua saya jual,  utang sudah banyak,” kata dia. 

Bapak beranak dua ini sangat berharap ada kepastian pembayaran gaji. “Gaji rata – rata dengan bekerja lembur lima juta,  jadi bisa terhitung berapa yang harus dibayarkan,” harapnya. (Mamo/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here