Bantu Ekonomi Masyarakat, Mahasiswa KKN Undip Bangun Pojok Baca & Bank Sampah di Kaliwadas

Centralnews.co.id

Centralnews – Serang, Guna meningkatkan minat baca pada anak, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Tim II Serang, Efi Safitri (21) dari Fakultas Hukum membangun pojok baca dan menggerakkan kembali Program Bank Sampah di Desa Kaliwadas, Serang, Rabu (12/8/2020).

Dalam mendirikan pojok baca tersebut, Efi yang merupakan peserta KKN di Desa Kaliwadas dibantu warga setempat .

Tokoh Pemuda Desa Kaliwadas, Suweri (35) menuturkan, mendukung penuh terkait pendirian pojok baca dan program bank sampah tersebut.

“Alhamdulillah program bank sampah ini disambut dengan sangat baik terutama dari kalangan ibu-ibu,” kata Suweri.

Sementaraitu, Efi safitriyang merupakan peserta KKN di Desa Kaliwadas menuturkan tujuannya mendirikan pojok baca tersebut.

Loading...

“Dengan didirikannya pojok baca, anak-anak menjadi gemar membaca apalagi buku bacaan yang sisuguhkan menarik dengan banyak gambar visual. Dengan membaca anak lebih bisa terkontrol bacaanya disbanding bermain gadget sendiri tanpa pengawasan orang tua,” kata Efi Safitri melalui rilis yang diterima Centralnews.co.id, Rabu (12/8/2020).

Selain itu, Efi Safitri juga bekerja sama dengan  Ketua Bank Sampah Lestari, Arif Hidayat untuk menggerakan kembali program bank sampah. Hal ini bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Untuk pelaksanaan program Bank Sampah tersebut, para nasabah nantinya bisa langsung datang ke kediaman Efi Safitri untuk melakukan penyetoran sampah. Sampah tersebut kemudian ditimbang dan hasilnya di catat di buku tabungan sampah. Sedangkan sampah yang memiliki harga jual hanya sampah anorganik berupa plastic detergen, minuman dan makanan instan, karung, botol mineral, kertas dan besi. 

“Program ini diwujudkan untuk mengubah sampah menjadi uang yang bisa sedikit membantu perekonomian masyarakat. Bonusnya, kebersihan lingkungan menjadi lebih terjaga dari sampah, khususnya sampah plastik yang tidak bisa terurai.” Tutup Efi Safitri. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here