Akibat Pandemi Covid-19, Wapres Sebut Pembangunan Terpukul Mundur

Foto: net, Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Centralnews – Jakarta, Saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Konstitusi 2020 secara virtual, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, seluruh capaian pembangunan di Tanah Air terpukul mundur oleh munculnya pandemi Covid-19.

“Kita semua telah menyaksikan dan merasakan bagaimana capaian-capaian pembangunan yang setahap demi setahap telah diraih, terpukul mundur oleh disrupsi total akibat serangan pandemi Covid-19,” ujar Ma’ruf Amin seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Masih mengutip dari Kompas.com, Antara lain dengan memperlebar defisit anggaran pendapatan belanja negara (APBN) hingga 6,34 persen dari produk domestik bruto (PDB) untuk tahun ini.

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menuturkan, pelebaran batas defisit tersebut diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan berlaku hingga Tahun Anggaran 2022.

 “Ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan belanja negara untuk penanganan kesehatan, bantuan sosial serta stimulus ekonomi, khususnya melalui pengalokasian stimulus fiskal yang besarnya hampir mencapai 4,5 persen dari PDB,” kata dia.

Loading...

Hal ini lantaran pendapatan negara khususnya dari pajak mengalami penurunan drastis maka dari itu diperlukan adanya pelebaran defisit.Termasuk juga untuk mengantisipasi ketidakpastian pemulihan ekonomi global dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu, RAPBN 2021 juga telah diarahkan untuk memperkuat upaya pemulihan ekonomi disamping penguatan penanganan kesehatan. Kemudian untuk mendorong reformasi struktural di berbagai bidang dalam rangka meningkatkan produktivitas, inovasi dan daya saing ekonomi Indonesia.

 “Juga mempercepat transformasi menuju ekonomi digital dan memastikan manfaat dari perubahan demografi,” kata dia. (Kompas.com/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here