Menteri Keuangan Kanada Mengundurkan Diri, Kenapa?

Foto: net, Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau.

Centralnews – Jakarta, Di tengah skandal etika dan rumor perpecahan dengan Perdana Menteri Justin Trudeau terkait belanja untuk penanganan pandemi virus corona, Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau mengundurkan diri pada Senin (17/8) waktu setempat.

“Seiring langkah ke fase perlawanan pandemi berikutnya dan membuka jalan menuju pemulihan ekonomi, kami harus menyadari proses ini akan memakan waktu bertahun-tahun, saat ini waktu yang tepat bagi menteri keuangan baru untuk menjalankan rencana itu dalam perjalanan panjang dan menantang ke depan,” ujar Morneau dalam konferensi pers yang dikutip dari AFP oleh CNN Indonesia dan dikutip kembali oleh Centralnews.co.id, Selasa (18/8).

Tidak hanya itu, Morneau juga mengundurkan diri sebagai anggota parlemen Kanada. Dilansir dari National Post, pria yang menjabat sebagai menkeu sejak 2015 ini ikut terseret skandal etika terkait kesepakatan pemerintah untuk menggaet WE Charity dalam program hibah sukarelawan pelajar senilai US$912 juta.

Pada bulan lalu, komisi etik membuka investigasi terhadap Moreau dan Trudeau di mana keduanya disebut memiliki kedekatan dengan organisasi yang berbasis di Toronto itu.

Dalam kasus Morneau, dua putrinya bekerja bersama maupun untuk organisasi tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Loading...

Sejumlah media lokal juga melaporkan silang pendapatan antara Morneau dengan Trudeu terkait beban anggaran penanganan pandemi. Morneau menilai Trudeau kurang memperhatikan besarnya anggaran sejumlah paket bantuan covid-19 dan minimnya analisis dampak sebelum mengumumkan kebijakan. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here