Bekali Taruna dalam Berlayar, SMKN 4 Cilegon Gelar Pelatihan Sertifikasi

Suasana saat berlangsungnya pelatihan sertifikasi.

Centralnews – Tangerang, SMK Negeri 4 Kota Cilegon menggelar kegiatan pelatihan sertifikasi profesi yang berlangsung di Politeknik Pelayaran Banten, Kamis (27/8/2020).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan taruna dalam menghadapi situasi darurat diatas kapal. Hal itu disampaikan oleh Instruktur kegiatan pelatihan tersebut, Abdul Aziz Taufiqurachman.

Centralnews.co.id

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan prasyarat yang harus dipenuhi untuk bekal bekerja di atas kapal. 

Aziz sapaan akrabnya menuturkan, untuk mengikuti sertifikasi tersebut taruna taruni harus melengkapi data administrasi awal seperti lolos test kesehatan, KTP, Akta kelahiran, ijazah dan kartu keluarga.

“Untuk bentuk pelatihannya mereka dilatih bertahan hidup dilaut, mampu memadamkan api dalam kapal, dan berlatih dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan taruna harus bisa mengatasi kecelakaan saat dilaut dengan melakukan simulasi di kapal,” kata Abdul Aziz Taufiqurachman, Instruktur kegiatan saat dihubungi melalui Whats App seluler, Kamis (27//8/2020).

Loading...

“Pelatihan itu juga berguna ketika taruna bekerja di atas kapal,” tambahnya.

Lebih lanjut, Aziz mengingatkan, kelak taruna taruni bekerja di atas kapal, mereka harus memiliki sertifikat yang mendukung profesi seperti Basic Safety Trainging (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), Security Awareness Training (SAT), Seafarers Withs Designated Securuty Duties (SDSD).

Ia juga menerangkan, jika selama pelaksanaan pelatihan sertifikasi tersebut  telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Senada dengan yang disampaikan oleh Aziz, Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Cilegon, Mohamad Abror menuturkan, kegiatan itu merupakan sebagai bentuk respon memenuhi penunjang kompetensi dari masing-masing taruna-tarruni. Ia juga mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan setifikasi profesi tersebut.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan memberikan support penuh pelatihan setifikasi profesi di Politeknik Pelayaran Banten yang dimotori oleh Abdul Aziz,” tutur Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Cilegon, Mohamad Abror.

Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Cilegon, Mohamad Abror

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan sertifikasi tersebut juga  dalam rangka melaksanakan Permendikbud no 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter.

“Karena beberapa kegiatan ini merupakan prasyarat untuk bisa bekerja dilaut, sehingga ketika taruna-taruni lulus dari SMKN 4 Kota Cilegon sudah memenuhi harapan pangsa pasar dalam bidang pelayaran.”

Diakhir, ia berharap dengan terlaksananya pelatihan ini taruna-taruni dapat mencetak SDM yang berkompetensi dan berkarakter.

“Untuk melatih kemandirian, dan dituntut untuk bekerja keras, disiplin dan peduli terhadap lingkungan,” terangnya.

“Tentunya dalam pelatihan ini mengarah pada pembentukan karakter.” Tutupnya.  (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here