Wali Kota Tangsel Sebut Daya Tampung Rumah Sakit Masih Cukup Untuk Pasien Covid-19

Foto: net,Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Centralnews – Tangerang Selatan, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, kasus positif Covid-19 di wilayah Tangsel memang mengalami kenaikan beberapa waktu belakangan. Namun, peningkatan tersebut masih bisa diatasi dengan ketersediaan kamar di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di wilayah Tangsel.

Tak hanya itu, Pemkot Tangsel menjamin kapasitas rumah sakit masih mencukupi, walaupun terjadi peningkatan pasien positif Covid-19.  Menurut Airin, pihaknya kerap berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan di bawah naungan Dinas Kesehatan Tangsel untuk mengecek ketersediaan kamar bagi pasien Covid-19.

Ia mengatakan, jika ketersediaan kamar mulai menipis, maka disarankan untuk tidak menerima pasien dan merujuknya ke rumah sakit lain yang masih kosong.

“Kemarin kami mendorong agar seluruh rumah sakit di bawah Dinas Kesehatan dengan PIC-nya untuk bisa memastikan,” kata dia seperti dikutip dari Kompas.com pada Selasa (1/9/2020).

“Misalnya di rumah sakit itu sudah penuh, jangan dirujuk ke rumah sakit itu. Karena di satu sisi ada juga rumah sakit yang belum terisi,” sambungnya.

Loading...

Lebih lanjut, Airin juga mendorong agar petugas medis untuk memasukan pasien kategori orang tanpa gejala (OTG) menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat. Ia berharap, agar petugas medis dapat memastikan kondisi kesehatan para pasien Covid-19. Hal ini agar dapat menampung pasien yang memiliki penyakit penyerta dan membutuhkan perawatan khusus dan kapasitas kamar di rumah sakit rujukan Covid-19 tetap dapat terkendali.

“Yang terpenting adalah rata-rata mereka kan OTG ya. Nah sekarang tinggal memastikan apakah mereka mau isolasi mandiri atau di Rumah Lawan Covid-19,” kata dia.

Untuk diketahui, total kasus positif Covid-19 di Kota Tangsel hingga Senin (31/8/2020) sudah mencapai 785 kasus. Dari jumlah tersebut, 637 pasien dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan bertambah satu orang dari data terakhir pada Minggu (30/8/2020). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here