Menkeu: Pasar Keuangan Global Tampak Kembali Seperti Pra Covid

Foto: net, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Centralnews – Jakarta, Dalam rapat bersama Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat, Rabu, 2 September 2020, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi pasar keuangan global saat ini relatif membaik apabila dibandingkan dengan kondisi volatilitas akibat kepanikan pada April dan Mei lalu.  

“Di lihat dari sisi pasar keuangan, yaitu MOVE index dan VIX index yang menggambarkan volatilitas, tampak kembali seperti pra covid atau sepanjang 2019,” ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari Tempo.co.  

Lebih lanjut, Sri Mulyani menuturkan, Perbaikan juga terjadi pada pasar saham, pemulihan mulai terlihat pada pasar saham baik di negara maju maupun negara berkembang.

Masih mengutip dari Tempo.co, Pada awal penyebaran Covid-19, yaitu pada Maret dan April lalu, pasar modal sempat dilanda kepanikan Seiring dengan pemulihan di pasar saham arus modal ke negara-negara berkembang juga mulai masuk kembali.

“Indonesia sempat mengalami arus modal keluar pada Maret hingga Mei yang mencapai Rp 140 triliun, Sekarang mulai masuk. Ini yang beri dukungan pemulihan di negara emerging,” kata Sri Mulyani.  

Loading...

Selain itu, harga komoditas juga mulai pulih di samping perbaikan di pasar keuangan meskipun masih belum mencapai harga pada asumsi APBN 2020 awal. Harga minyak mentah, misalnya, yang kini telah berada di kisaran US$ 42-45 per barel. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here