Belajar Dari Kaburnya WBP, Lapas Klas IIA Cilegon Perketat Pengamanan

Centralnews- Cilegon, Belajar dari pengalaman kaburnya tahanan Warga Negara (WN) China dari Lapas Klas I Tangerang, Lapas Klas IIA Cilegon mengetatkan pengawasan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menggunakan 48 CCTV. Termasuk lokasi yang di anggap rawan menjadi tempat kaburnya tahanan, sudah ditambahkan CCTV.

“CCTV total ada 48 titik, memantau 24 jam. Dititik riskan juga di tambahin, di sel pengamanan maksimum itu satu kamar atau CCTV.┬áNamanya penjara, sebenarnya semua titik rawan, jadi semua titik kita petakan,” kata Kepala KPLP Lepas Klas IIA Cilegon, Sumaryo, dikantornya, Senin (21/09/2020).

Penjara yang berdiri di atas lahan seluas 14 meter persegi itu, menampung 1.247 WBP dari berbagai jenis hukuman. Pihaknya mengklaim sudah memeriksa lantai dan jeruji besi disetiap kamar tahanan.

“Urgen dan tidak urgen kita waspada, semua titik sudah kita lakukan deteksi dini, kita juga lakukan peremajaan besi yang sudah berkarat kita ganti juga,” terangnya.

Setiap hari, seluruh bagian Lapas Klas IIA Cilegon diklaim Sumaryo selalu dilakukan pengecekkan fisik oleh petugasnya. Jika ada tembok yang retak hingga besi berkarat, maka segera diperbaiki.

Loading...

“Titik tertentu terus kita pantau, jadi semua muter, mulai pager, tembok, blok hunian kita keliling. Semuanya kita cek, pintunya, temboknya, lantainya, tempat tidur mereka,” jelasnya. (Yandhie/Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here