Pedagang Sebut Omzet Menurun, Jokowi: Semua Harus Disyukuri

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Dalam kesempatan Pemberian Bantuan Modal Kerja, Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, harus mensyukuri apapun yang terjadi. Hal ini menanggapi beberapa keluhan dari para pedagan kecil ditengah pandemi Covid-19.

Covid-19 memukul banyak sektor, termasuk diantaranya pengusaha kecil yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan.

Salah satu pedagang kecil  Tika yang berjualan Gado-gado di Jalan Malabar ini mengutarakan kondisinya kepada Jokowi. Ia mengatakan Dengan modal Rp 500 ribu, dia merasakan bagaimana penurunan omset yang dirasakan.

“Dulu sehari dapat Rp 150 ribu, sekarang Rp 75 ribu atau separuhnya,” katanya seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (29/8/2020).

Selain itu, ada juga pedagang asongan. Dia berkeliling kota Bogor mencari sesuap nasi. Biasanya dia berjualan di Pasar Bogor dan menjual panganan dan minuman seperti permen, hingga kopi. Dia mengaku omzetnya turun hingga 70%.

Loading...

“Dulu bisa Rp 150 ribu, Rp200 ribu sekarang Rp 60 ribu,” ujarnya.

Atas hal demikian, Presiden Jokowi meminta agar jangan sampai patah semangat dan harus bekerja lebih keras lagi. Ia menuturkan, apapun yang terjadi harus disyukuri.

“Harus disyukuri, semua harus disyukuri, wong yang namanya negara itu defisit kok, tahun ini kita minus, income dan pendapatannya, bukan sesuatu yang gampang, sama sebetulnya,” katanya.

Lebih lanjut, Mantan Wali Kota Solo itu berpesan, agar menggunakan uang bantuan tersebut dengan bijak. Menurutnya, amplop yang isinya Rp 2,4 juta cukup untuk modal berjualan gado-gado.

“Itu untuk modal gado-gado sudah lebih. Hati-hati jangan dibelikan HP, untuk perluasan usaha, kalau asongan tadi modalnya Rp 1 juta, sisanya dipakai untuk memperluas produk yang dijual,” katanya.

“Berpikirnya harus seperti pengusaha, kalau ada sisa jangan dibelikan hal yang konsumtif,” tutupnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here