Cek Sirine Peringatan Tsunami Berbunyi. Warga Berhamburan Datangi Kantor Desa

 foto dari BMKG Klas I Tangerang

Centralnews-Serang, Sirine penanda tsunami di kantor Desa Panimbang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, diperbaiki. Lantaran, saat dilakukan uji coba pada 26 September tidak berbunyi.

Kemudian tanggal 29 September kemarin diperbaiki, ditemukan ada kabel yang tidak terhubung dan menjadi penyebab alarm itu tidak mengeluarkan suara.

“Kita ada jadwal (pengecekan) nya, setiap tanggal 26 ada aktifasi sirine, aktif atau enggak. Kemarin di tes tanggal 26 itu tidak berbunyi, maka kami mengadakan test dan perbaikan,” kata Kepala BMKG Klas I Tangerang, Suwardi, melalui sambungan selulernya, Jumat (02/10/2020).

Menurut Suwardi, sirine peringatan dini tsunami itu dalam kondisi normal, meski ada kabelnya yang bermasalah dan jaringan server yang kurang baik, sehingga saat tombolnya dipencet tanggal 26 September lalu, sirine tidak berbunyi.

“Kemarin ada soket towernya yang terganggu, sama link nya ada yang terganggu. Cuma ini kan mencetnya pakai server di BPBD Banten, alat itu langsung bunyi secara otomatis. Cuma waktu alat di pencet, dari lokasi server ke lokasi sirine tidak bisa bunyi, kayak SMS yang terpending,” jelasnya.

Loading...

Perbaikan dan pengecekkan itu dilakukan pada Selasa malam, 29 September 2020 sekitar pukul 20.30 wib. Sebelum dibunyikan, masyarakat sudah diberi tahu oleh perangkat desa dan di umumkan melalui pengeras suara.

Namun warga yang mendengar suara sirine peringatan dini tsunami berbunyi lari berhamburan dan mendatangi kantor desa, karena khawatir. 

“Saat dibunyikan (sirine), masyarakat berhamburan. Saya sebenarnya sudah sampaikan ke kades, bahwa ada perbaikan alat. Jadi bunyi nya ini hanya test, ini hanya test,” terangnya. (Yandhie/Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here