WHO Sebut Ada Harapan Vaksin Tersedia di Akhir Tahun 2020

Foto: net, Dirjen WHO Tedros Ghebreyesus.

Centralnews – Jakarta, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, ada harapan Vaksin Covid-19 tersedia di akhir 2020.

Hal tersebut dikatakan oleh Dirjen WHO Tedros Ghebreyesus. Ia juga mengajak para pemimpin untuk memastikan distribusi yang adil ketika vaksin sudah tersedia.

“Kita akan butuh vaksin dan ada harapan bahwa akhir tahun ini kita mungkin sudah punya vaksin. Ada harapan,” kata Tedros tanpa menjelaskan lebih lannjut, dikutip dari Channel News Asia oleh detikcom dan dikutip kembali oleh Centralnews.co.id, Rabu (7/10/2020).

Lebih lanjut, saat ini ada 9 kandidat vaksin eksperimental yang tengah dikembangkan fasilitas vaksin global milik WHO, COVAX. Organisasi ini direncanakan akan mendistribusikan 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021.


Sementara itu, juru bicara #satgascovid19 Prof Wiku Adisasmito menyebut, salah satu vaksin yang masuk tahap uji klinis diantaranya Sinovac yang menjalani uji klinis tahap III di Bandung, Jawa Barat.


“Mengingat belum ada vaksin COVID-19 yang sudah lulus uji klinis fase III, sampai dengan terakhir sekarang, kewaspadaan dan monitoring terhadap keamanan vaksin tetap harus dilakukan,” kata Prof Wiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here