MK Pastikan Bersikap Netral dalam Perkara Uji Materi UU Cipta Kerja

Foto: net.

Centralnews – Jakarta, Dalam perkara uji materi Undang-undang (UU) Cipta Kerja yang akan digugat buruh dan pekerja nanti, Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan akan bersikap netral.

Hal tersebut dikatakan oleh juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono memastikan pihaknya akan bersikap netral.

Mengutip dari Kompas.com, meskipun Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan permohonan dukungan dari MK terhadap UU Cipta Kerja, Fajar memastikan pihaknya tak akan terpengaruh dengan pernyataan tersebut.

“Sebagai pernyataan politik ya itu tak bisa dihindarkan. Tapi, semua tahulah, MK tak terlibat dalam dukung mendukung suatu UU atas nama kewenangan yang dimiliki. Dan, saya meyakini, MK tak pernah menyampaikan pendapat atau pernyataan soal dukung mendukung UU,” kata Fajar saat dihubungi, Kamis (8/10/2020).

Lebih lanjut, ia menuturkan, MK akan memproses permohonan uji materi seperti biasanya tanpa mengistimewakan UU yang akan digugat.


“Tak ada kata lain, MK memastikan siap untuk menerima perkara, kapanpun dan berapapun,” kata Fajar.

“Untuk itu, silakan publik ikut mengawal dan memonitor setiap persidangan dan perkembangan penanganan perkara,” lanjut dia. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here