Polres Serang Kota Latihan Dalmas

Centralnews – Serang, Kepolisian Resor Serang Kota Polda Banten menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) bertempat di lapangan hitam Mapolres Serang Kota. Selasa (20/10/2020).

Pelatihan sesuai arahan Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., dan dipimpin langsung Kabagops Polres Serang Kota AKP Yudha Hermawan, SH., MM.

“Pagi ini kami laksanakan latihan dalmas. Latihan ini digelar untuk pemeliharaan dan meningkatkan kemampuan seluruh personil guna menghadapi tantangan tugas terutama pengamanan aksi unjuk rasa, termasuk kesiapan personil dalam rangka pengamanan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang  yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang,”kata Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto,. S.IK., M.Si., saat diwawancara awak media.

Menurut Kapolres, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap minggunya. Mengasah kemampuan dan keterampilan personil Dalmas sangat perlu untuk menjamin kesiapan fisik dan mental.

“Tujuannya, agar pelaksanaan pengamanan dan pengendalian massa ketika terjadi unjuk rasa di wilayah sesuai dengan SOP dan tahapan, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tim dalmas dapat bertindak profesional, proporsional dan keadaan tetap kondusif. Selain untuk meningkatkan keterampilan, latihan Dalmas Satuan Sabhara juga untuk menjaga kekompakan, soliditas, kedisiplinan, membentuk mental yang tangguh sehingga kinerja personil Polri tetap optimal dan dipercaya,” tutur Kabagops.

Loading...

Dalam pelaksanaannya, seluruh materi dilatihkan yaitu peraturan, gerak dasar serta penggunaan alat utama dan alat khusus dalmas.

“Kegiatan latihan kali ini kami mengulas 6 (enam) materi dalam hal pengendalian massa di lapangan diantaranya alih ganti dalmas awal dan dalmas lanjut, formasi dalmas, sikap siaga, sikap dorong, desak maju, sikap berlindung dan penindakan terhadap para pelanggar hukum”.

Tampak personil memperlihatkan dedikasi dan integritas terbaiknya hingga akhir latihan. (Oki/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here