Ma’ruf Amin: Saya Harap pesantren Menjelaskan Ajaran Islam Rahmatan Lil Aalamin

Foto: net, KH Ma’ruf Amin.

Centralnews – Jakarta, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di acara Pembukaan Seminar Internasional Santri Milenial 2020 secara daring, Kamis (22/10/2020), berharap pesantren dapat berperan untuk menjelaskan tentang ajaran Islam yang rahmatan lil aalamin sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Pasalnya, saat ini banyak negara di dunia yang memandang Islam tak semestinya. Ia juga menyebut, saat ini Islam dipersepsikan buruk, khususnya di masyarakat barat.

“Saya berharap pesantren dapat menjadi bagian untuk menjelaskan ajaran Islam yang rahmatan lil aalamin,” ujar Wapres Ma’ruf Amin di acara Pembukaan Seminar Internasional Santri Milenial 2020 secara daring,seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Lebih lanjut, ia memaparkan contoh hasil survey Pew Research tahun 2017 yang menggambarkan pandangan warga Amerika Serikat terhadap Islam menunjukkan, lebih dari 41 persen melihat Islam yang mendorong terorisme dan kekerasan. Kemudian, lebih dari 44 persen melihat Islam dan demokrasi tidak dapat berjalan beriringan, dan hampir 50 persen melihat bahwa sebagian warga muslim adalah anti Amerika. Sementara di Eropa, hasil survei menunjukkan di 10 negara Eropa tercatat lebih dari 50 persen warga Eropa memandang Islam secara negatif. Bahkan, pendidikan Islam seperti madrasah juga tidak luput dari sorotan karena dianggap sebagai tempat pembibitan ideologi ekstrem.

Hal tersebut lantran beberapa pelaku teroris dalam pandangan orang barat merupakan alumni madrasah.

Loading...

“Cara pandang yang selalu menggeneralisasi dan negatif ini harus kita lawan. Namun di saat yang sama, umat juga perlu introspeksi,” kata dia.

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menjelaskan hal lain yang menjadi persoalan. Yakni, soal meningkatnya tren Islamophobia di berbagai belahan dunia. Contohnya serangan atau pelecehan terhadap muslim di Amerika Serikat dan Eropa yang terus meningkat.

“Jika diteliti lebih dalam, sumber utama dari kebencian terhadap Islam adalah ketidaktahuan atau ketidakpahaman terhadap apa itu Islam,” kata dia. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here