Upaya Cegah dan Tanggulangi Aids Di Kalangan Remaja, KPA Banten Kunjungi BKKBN

KPA Banten foto bersama staf BKKBN Banten saat rapat koordinasi dan advokasi penglanggulangan HIV AIDS di Banten, Rabu (21/10/20)

Centralnews- Serang, Dalam rangka upaya mencegah dan menanggulangi Aids di kalangan remaja, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Banten kunjungi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Banten untuk bersama-sama memberikan edukasi terkait dengan bahaya prilaku seks bebas dan seks menyimpang.Hal ini di ungkapkan oleh Koordinator Program KPA Provinsi Banten Arif Mulyawan, Rabu (21/10/20). 

Fenomena saat ini yang terjadi ditengah masyarakat adanya perilaku seks  menyimpang dikalangan pelajar yaitu suka dengan sesama jenis, dan biasanya korbannya adalah kalangan pelajar, jadi tujuan kunjungan ini juga untuk mengajak BKKBN Perwakilan Provinsi Banten untuk bersama-sama dengan KPA Provinsi Banten memberikan edukasi terkait dengan bahaya prilaku seks bebas dan seks menyimpang ini.

“Melihat kondisi ini, jangan kaget jika kasus HIV/Aids di Banten akan bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia,” ungkap Arif dihadapan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Aan Jumhana beserta jajarannya.

Arif juga menyampaikan bahwa KPA Provinsi Banten sudah melakukan sosialisasi di sejumlah sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK di Provinsi Banten sebagai langkah upaya pencegahan prilaku beresiko dikalangan pelajar.

“Melihat kondisi ini, jangan kaget jika kasus HIV/Aids di Banten akan bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia,” kata Arif dihadapan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Aan Jumhana beserta jajarannya, kemarin.

Koordinator Program KPA Banten Arif Mulyawan saat Serah terima dokumen strategi rencana aksi daerah penanggulangan HIV AIDS di Banten kepada Kepala BKKBN Drs. Aan Jumhana
Loading...

Dalam pertemuan tersebut, Arif juga menyampaikan bahwa kunjungan ini selain silaturahmi, juga untuk menguatkan koordinasi antara KPA Provinsi Banten dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Banten terkait pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus HIV/Aids di provinsi paling ujung pulau jawa.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Aan Jumhana menyambut baik rencana kerjasama antara BKKBN Perwakilan Provinsi Banten dengan KPA Provinsi Banten. Terlebih melihat kondisi sosial masyarakat seperti saat ini, dibutuhkan sinergitas untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Ia menjelaskan, BKKBN Perwakilan Provinsi Banten memiliki sejumlah program yang mungkin bisa disinergiskan dengan KPA Provinsi Banten, diantaranya adalah membangun keluarga sejahtera, kependudukan keluarga berencana dan program lainnya.

“Sebenarnya BKKBN Perwakilan Provinsi Banten sudah lama bekerjasama dengan KPA Provinsi Banten. Nah kerjasama ini, bisa lebih ditingkatkan kembali,” kata Aan.

Salah satu amanat undang-undang, lanjut Aan, adalah membangun ketahanan keluarga. BKKBN Perwakilan Banten memiliki tanggung jawab untuk menjalakan amanat tersebut. Salah satu cara adalah dengan memberikan pendampingan dan bimbingan mulai dari rencana berkeluarga, rencana kehamilan dan lanjut usia.

“Bahkan kami memiliki generasi berencana (Genre) yang merupakan sekumpulan remaja yang merupakan kepanjangan tangan BKKBN Perwakilan Provinsi Banten dalam memberikan edukasi dikalangan remaja,” tutupnya (Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here