Buka Tiga Jurusan Baru, SMKN 4 Kota Cilegon Optimis Tingkatkan Skill Taruna/i

Centralnews – Cilegon, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Cilegon akan menambahkan tiga jurusan baru yang akan mulai diterapkan di tahun pembelajaran 2021.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Cilegon, Firdaus, M.Pd.

Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Cilegon, Firdaus, M.Pd.

Ia menjelaskan, tiga jurusan baru tersebut adalah pengelasan, Tekhnik Instalasasi Tenaga Listrik (TITL) dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Firdaus juga menjelaskan terkait hal hal yang mendasari didirikannya jurusan baru tersebut.

“Awalnya kami berencana membuka jurusan Akuntansi, OTKP,” kata Kepala Sekolah, Firdaus, M.Pd, di Ruangannya saat ditemui, Jumat (13/11/2020).

Loading...

Namun, saat dirinya mendapat masukan dari dinas tenaga kerja, didapati jika didaerah Merak atau Cilegon sangat membutuhkan dua jurusan yaitu pengelasan dan teknikalnya.

“Itulah yang mendasari dibangunnya jurusan baru Pengelasan dan TITL,” tuturnya.

Sedangkan dibukanya jurusan OTKP, datang dari permintaan pihak Kagasdap dan KSOP untuk tenaga kerja administrasi dikantor perkapalan yang namanya Tata Laksana.

Akan tetapi, Tata laksana hanya terdapat untuk jenjang Diploma 3.

“Maka dari itu didirikannya jurusan OTKP ini akan dikolaborasikan dengan kurikulum OTKP dan kurikulum Tata Laksana, kemudian kita bedah dikaji bersama. Dan hasilnya diharapkan dapat terpenuhilah kebutuhan tenaga kerja perusahaan kapal di darat,” paparnya.

Lebih lanjut, Firdaus menegaskan, konsentrasi pembelajaran SMK 70 persen praktik dan 30 persen teori. Hal ini agar menyiapkan taruna untuk langsung bekerja dengan mengasah kemampuan ilmu pelayaran dan kelautan.

“Karena setiap pekerjaan harus dibarengi dengan skill, maka konsentrasinya 70 persen praktik atau melatih kemampuan dan 30 persen teori” katanya.

Diakhir, Firdaus optimis jika SMKN 4 Kota Cilegon dapat mencetak alumni yang mumpuni dengan kemampuan yang matang dibidangnya. Ia mengklaim bahwa SMKN 4 Kota Cilegon merupakan Sekolah kejuruan negeri satu satunya yang berfokus dibidang pelayaran di Provinsi Banten.

“Insha allah, 2021 SMKN 4 Kota Cilegon melaksanakan semua kegiatan kegiatan itu.”Tutupnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here