WHO Sebut Vaksin Covid-19 Tak Cukup Hentikan Pandemi

Foto: net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Jakarta, Vaksin Covid-19 disebut hanya menjadi salah satu alat untuk mengendalikan penyebaran virus. Hal tersebut dikatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari AFP, Selasa (17/11/2020) mengatakan, vaksin tidak akan cukup menghentikan dan tidak akan mengakhiri pandemi virus corona (Covid-19).

Lebih lanjut, Ia menuturkan, Vaksin akan diberikan ke petugas kesehatan, orang tua dan populasi berisiko lain untuk mengurangi kematian dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya.

“Itu masih akan meninggalkan virus dengan banyak ruang untuk bergerak. Pengawasan perlu dilanjutkan, orang-orang masih perlu diuji, diisolasi dan dirawat, kontak masih perlu dilacak … dan individu akan tetap perlu dirawat,” jelasnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (17/11/2020).

Masih mengutip dari CNBC Indonesia,  saat ini jumlah kasus terinfeksi Covid-19 secara total di dunia sudah mencapai 54 juta kasus di mana 1,3 juta nyawa meninggal.

Sementara itu, Dr Anthony Faucy, ahli virus ternama Amerika Serikat (AS) mengatakan, ketika vaksin Covid-19 tersedia untuk umum, manusia tetap tidak akan hidup dalam keadaan normal.

Loading...

Ia memperingatkan hal yang sama dengan WHO. Namun, ia tetap menyarankan agar orang-orang memakai masker dan melakukan jarak sosial. Hal ini ditegaskannya dalam wawancara dengan CNN International akhir pekan kemarin.

“Jelas, dengan 90% lebih vaksin efektif, Anda bisa merasa jauh lebih percaya diri tentang tidak tertular virus,” katanya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here