Jokowi Minta Kadin Beri Pendampingan pada Jutaan Petani Swadaya

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta,  Dalam Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke-5 Tahun 2020 secara virtual Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus memuji model kerja sama yang digagas Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Adapu kerja sama yang digagas Kadin berupa sistem inclusive closed loop.

Menurutnya, melalui skema tersebut, kemitraan antara para petani dan ekosistem usaha akan dibangun mulai dari hulu hingga hilir sehingga keberlanjutan produksi dapat terjaga dan petani juga lebih sejahtera.

“Saya mendukung berbagai inisiatif kolaboratif yang melibatkan petani, koperasi, perbankan, dan offtaker. Beberapa inisiatif kolaborasi seperti petani hortikultura di Garut dan industri minyak sawit di berbagai daerah perlu untuk terus diperbaharui agar produktivitas dan nilai tambah bagi petani semakin meningkat dan perlu untuk direplikasi ke daerah-daerah lain,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilansir dari laman resmi Sekretariat Presiden pada Rabu (18/11/2020).


Lebih lanjut, Mantan Wali Kota Solo itu meminta Kadin untuk terus memberikan pendampingan kepada jutaan petani swadaya agar dapat terwujud kemitraan yang saling menguntungkan bagi para petani dan para pelaku usaha pangan.

“Saya yakin Kadin mampu mencapai target ini. Saya sangat berharap model bisnis kolaboratif yang inklusif ini bisa mendongkrak sektor pangan sebagai kekuatan ekonomi baru yang membuka lebih banyak lapangan kerja dan menjadi sumber kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here