Sesuai Arahan Jokowi, Kemlu Tegaskan RI Tak Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Centralnews – Jakarta, Menanggapi sejumlah pemberitaan baru-baru ini yang menyebutkan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Indonesia hingga saat ini tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Hal itu disampaikan Retno sebagai tindak lanjut dari arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).


“Sebagai tindak lanjut arahan bapak presiden kepada menteri luar negeri, saya ingin menyampaikan dua hal. Hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno dalam press briefing virtual Kementerian Luar Negeri, Rabu (16/12).

Lebih lanjut, dirinya menuturkan, . Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestin dan akan tetap berpegang pada solusi dua negara dan parameter internasional lain yang telah disepekati.


“Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang disepakati, secara konsisten akan tetap dilakukan,” ujarnya.

Loading...

Dikabarkan sebelumnya, pemerintah Israel pada akhir pekan lalu tengah berupaya untuk menormalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman, setelah sebelumnya berhasil membuka hubungan dengan beberapa negara Timur Tengah dan Afrika.

Seperti dilaporkan stasiun televisi Israel, Channel 12, menyatakan Negeri Zionis tersebut tengah berusaha mendekat kepada Oman dan Indonesia.

Namun, saat dikonfirmasi Kemlu RI menyatakan sampai saat ini tidak melakukan proses apapun terkait normalisasi hubungan dengan Israel.


“Kemlu RI tidak melakukan langkah-langkah seperti yang dituliskan oleh media di atas, dan saya tidak tahu latar belakang tulisan tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com dikutip Centralnews.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here