Tragedi Cuaca Buruk Di Selat Sunda, Senggolan Kapal di Pelabuhan Merak

Centralnews – Serang, Cuaca buruk di sekitar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, mengakibatkan banyak tragedi di penyebrangan Merak-Bakauheni. Mulai dari kemacetan panjang, akibat kapal sulit sandar.

Kemudian tragedi senggolan Kapal Motor Penumpang (KMP) di Dermaga 2 dan Dermaga 3 Pelabuhan Merak. Kejadian senggolan kapal ini, berdasarkan informasi yang dihimpun, melibatkan kapal Caitlyn yang sedang sandar di Dermaga 2, kemudian datang KMP Royce yang sedang masuk haluan dan akan sandar di Dermaga tiga. Namun Royce menyenggol badan kapal Caitlyn.

Kejadian senggolan kapal ini beruntung tidak menimbulkan kerusakan berarti, korban luka maupun korban jiwa. Berdasarkan informasi yang beredar, peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 19 Desember 2020.

“Kalau senggolan kapal artinya karena kondisi alam, tapi saya belum dapat (laporan) senggolan nya seperti apa, itu bisa terjadi karena alam kurang bersahabat,” kata General Manajer (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, dikantornya, Senin (21/12/2020).

Begitupun masuknya air laut ke dalam kapal saat gelombang tinggi, terjadi di Dermaga I Pelabuhan Merak. Beruntung air itu bisa langsung keluar dan tidak mengendap di dalam kapal.

Loading...

“Namanya gelombang, bagaimanapun pasti terjadi demikian, kalau air masuk keluar itu hal biasa. Kapal itu kan dibuat ada pembuangannya, aair itu tidak mengendap di dalam, jadi tidak berbahaya. (Air masuk) Diruang kendaraan itu, tidak masalah,” terangnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here