Vaksin Sinovac yang Tiba di Banten akan Disuntikan ke Tenaga Kesehatan

Foto: net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Serang, Vaksin sinovac yang datang malam tadi di gudang farmasi Dinkes Banten, akan disuntikkan ke tenaga kesehatan (nakes) yang bersentuhan langsung dengan pasisn covid-19.

Total, Banten akan mendapatkan 81 ribu val vaksin. Sedangkan yang sudah datang, baru 14.560 val.

“Vaksin Sinovac, yang akan diberikan kepada tenaga medis dan aparat lapangan. Totalnya untuk Banten kurang lebih 81 ribu vaksin Sinovac tahap pertama, yang sudah datang 14 ribuan,” kata Wagub Banten, Andhika Hazrumy, di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, Kota Serang, Senin (04/01/2021).

Sebanyak 5 ribu tenaga vaksinasi atau disebut vaksinator sedang dilatih oleh Dinkes Banten. Pekan depan, Senin, 11 Januari 2020, vaksin sinovac akan dikirim ke delapan kabupaten dan kota. Kemudian, tanggal 14 Januari mulai dilakukan penyuntikan ke nakes yang mendapatkan pesan singkat dari Kemenkes. Masyarakat umum baru bisa di vaksin sekitar bulan Maret hingga April mendatang.

Pendataan nakes yang akan di suntik vaksin, kini sudah mencapai 90 persen dari total 40 ribu nakes di Banten. Pemprov mengaku tidak ada nakes yang menolak untuk disuntik vaksin.

Loading...

“Tenaga nakes kita kan sekitar 40 ribu, setelah daftar itu kan terdata riwayat kesehatannya, itu kurang lebih yang tidak memenuhi syarat itu ada sekitar 4 ribu yang tidak memenuhi syarat di vaksin, karena ada komorbitnya. Jadi tidak sembarang kita vaksin juga, yang ada penyakit bawaan tidak kita vaksin,” terangnya. (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here