Vaksin Merah Putih Belum Tersedia, Ini Kata Menkes Budi Gunadi

Foto; net, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Centralnews – Jakarta, Hingga saat ini, vaksin Merah Putih produksi dalam negeri belum tersedia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan alas an tersebut. Menurutnya, proses pengadaan vaksin Merah Putih masih dalam tahap pertama, yaitu riset dan pengembangan.

 “Masih dalam tahap pertama dari tiga tahap, yaitu untuk melakukan research and development dan outputnya berupa vaccine seeds (bibit vaksin),” kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut ia menuturkan, sejauh ini riset dan pengembangan vaksin Merah Putih yang paling cepat adalah yang dilakukan lembaga Eijkman. Ia mengaku, berdasarkan informasi yang diterimanya, bibit vaksin hasil riset baru dapat diserahkan ke PT Bio Farma pada kuartal I-2021

“Antara Q1 dan Q2. Saya ambil optimis, Q1 2021,” ujarnya.

Selain itu, bibit vaksin pun masih akan melalui serangkaian proses dan tiga tahap uji klinis setelah diserahkan kepada Bio Farma.

Loading...

 Ia mengatakan, seluruh proses dan uji klinis yang ada, vaksin Merah Putih diperkirakan bisa siap pada kuartal II-2022. Ia mengatakan, ketersediaan vaksin Covid-19 Merah Putih ini memang direncanakan untuk memenuhi kebutuhan vaksin di 2022. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here