Atasi Pandemi, Jokowi: Pemerintah Telah Berusaha dengan Langkah Extraordinary

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Dalam menangani pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah telah melakukan langkah-langkah yang luar biasa.

Hal ini Jokowi sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) secara daring, Jumat (15/1/2021).

 “Dalam 10 bulan terakhir pemerintah telah berikhtiar, telah berusaha untuk mengatasi pandemi Covid dengan langkah-langkah yang extraordinary,” kata Jokowi seperti dikutip dari Kompas.com.

Upaya penanganan pandemic, tambah Jokowi, tidak hanya fokus pada bidang kesehatan, tetapi juga ekonomi.

Mantan Wali Kota Solo itu memberikan contoh seperti pemerintah memberikan perlindungan sosial kepada kelompok masyarakat yang rentan dan miskin, hingga mendukung usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) agar mampu bertahan. Pemerintah, kata Jokowi, juga mengupayakan agar tidak ada lagi pemutusan hubungan kerja (PHK).

Loading...

 “Tentu saja kita bukan hanya ingin keluar dari krisis, tetapi ingin melakukan banyak lompatan walaupun dalam kondisi krisis,” ujarnya

Selain itu, perbaikan ekosistem perekonomian nasional diupayakan pemerintah melalui Undang-Undang Cipta Kerja, reformasi birokrasi, dan kepastian hukum. Ia pun menyebut bahwa saat ini telah dibentuk Indonesia Investment Authority atau INA, sebuah sovereign wealth fund yang sudah dimiliki oleh setiap negara di dunia. Jokowi berharap, upaya-upaya ini mendapat dukungan dari seluruh komponen bangsa, sehingga peluang kerja bisa diciptakan sebanyak-banyaknya.

“Pengembangan usaha bisa tumbuh subur dan UMKM bisa naik kelas. Dan tentu saja kemiskinan bisa dientaskan dan pemerataan pembangunan bisa kita tingkatkan,” kata Jokowi. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here