Krisis Akibat Pandemi, Jokowi Ingin Lakukan Banyak Lompatan

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Dalam situasi pandemic Covid-19 saat ini, Presiden Joko Wiodo (Jokowi)  mengatakan, Indonesia bukan hanya ingin keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, Indonesia harus terus melakukan lompatan dan inovasi di masa krisis ini.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Tahun 2021 yang ditayangkan YouTube KAHMI, Jumat (15/1/2021).

 “Kita bukan hanya ingin keluar dari krisis, tetapi ingin melakukan banyak lompatan walaupun dalam kondisi krisis (akibat pandemi),” ujar Jokowi seperti dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, salah satu lompatan tersebut adalah memperbaiki ekosistem perekonomian nasional melalui Undang-undang Cipta Kerja.

Selain itu, tambah Jokowi, melalui reformasi birokrasi dan kepastian hukum melalui penguatan pembiayaan pembangunan.

Loading...

“Antara lain dengan dibentuknya Indonesia Investment Authority (INA). Ini adalah sebuah Souverign Wealth Fund (SWF) yang semua negara memiliki dan kita baru saja memiliki ini. Dan berbagai inovasi-inovasi lainnya,” ungkap Jokowi.

“Dengan berbagai upaya dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, kita berharap peluang kerja bisa diciptakan sebanyak-banyaknya, pengembangan usaha bisa tumbuh subur dan UMKM bisa naik kelas,” lanjutnya.

Masih mengutip dari Kompas.com, dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyebut dalam 10 bulan terakhir pemerintah telah berusaha untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan langkah-langkah yang luar biasa. Antara lain menangani bidang kesehatan, memberikan perlindungan sosial bagi kelompok masyarakat yang rentan dan miskin sertamemberikan dukungan bagi UMKM dan dunia usaha agar mampu bertahan tidak ada PHK dan bisa bergerak kembali. Oleh karena itu, Jokowi berharap agar KAHMI bisa berkontribusi besar dalam mengembangkan terobosan di berbagai bidang. Utamanya dalam pengembangan SDM dalam pengembangan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan pengembangan kewirausahaan terutama di kalangan generasi muda. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here