Sri Mulyani: Kita Beruntung telah Amankan Jumlah Vaksin yang Dibutuhkan

Centralnews – Jakarta, Lantaran telah lebih dulu memiliki vaksin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung dan bahkan memberikan vaksinnya secara gratis kepada masyarakat.

Menurutnya, banyak negara yang miskin yang bahkan sampai saat ini tidak mendapatkan akses vaksin Covid-19. Apalagi memberikannya secara gratis kepada penduduknya.

“Jadi kita beruntung telah bisa mengamankan suatu jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk Indonesia, bisa mendapatkan apa yang disebut herd immunity,” ujarnya alam rapat kerja dengan Komite IV DPD RI, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut, Menkeu menuturkan, negara miskin tersebut hingga saat ini belum bisa memastikan kapan negaranya akan melakukan program vaksinasi. Salah satu yang menjadi kendala adalah anggaran negaranya yang terbatas sehingga sulit bersaing dengan negara lain yang juga membutuhkan vaksin.

“Ini yang menggambarkan bahwa seluruh negara berupaya. Kalau kita lihat banyak negara-negara miskin, bahkan belum bisa melakukan pengumuman, karena kemungkinan mendapatkan akses vaksinnya juga sangat sulit karena keterbatasan dana yang mereka miliki,” kata dia.

Sri Mulyani menyebut, jika ada negara yang tidak melakukan vaksinasi maka penyebaran virus tidak akan bisa dihentikan, maka hal ini menjadi tantangan dunia.

Loading...

“Kalau selama di dunia ini belum bisa tuntas akan selalu terjadi kemungkinan penularan, ini menjadi tantangan dunia bersama,” tegasnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here