Markas Partai Besutan Aung San Suu Kyi Dihancurkan Militer Myanmar

Foto; net.

Centralnews – Jakarta, Sebagai buntut dari kudeta militer yang dilakukan terhadap pihak Suu Kyi awal Februari ini, Polisi Myanmar dilaporkan melakukan penggerebekan kantor Partai Liga Nasional untuk Demokrasi atau NLD besutan Aung San Suu Kyi pada Selasa (9/2/2021) malam waktu setempat.

Penggerebekan tersebut dilakukan oleh sekitar selusin personel polisi yang memaksa masuk ke gedung yang terletak di Yangon, yang merupakan bekas ibu kota dan kota terbesar di negara yang dijuluki Pagoda Emas itu.

“Diktator militer menyerbu dan menghancurkan markas NLD sekitar pukul 9.30 malam,” demikian LND mengumumkan dalam sebuah pernyataan singkat di halaman Facebook-nya dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (10/2/2021).

Sebelumnya, Suu Kyi telah ditahan sejak pengambilalihan militer pekan lalu yang menggulingkan pemerintah NLD dan mencegah pembentukan parlemen baru yang didominasi NLD.Hal itu membuat situasi memanas. Bahkan para penentang kudeta itu beramai-ramai turun ke jalan menuntut agar kudeta dihentikan dan Suu Kyi dibebaskan.

Namun, aksi massa tersebut diiringi oleh keberingasan aparat keamanan. Bahkan seorang demostran wanita dilaporkan tertembak di bagian kepala dan saat ini dalam kondisi kritis.

Meski begitu, massa tetap melakukan aksinya. Beberapa dari mereka menyatakan siap bila terjadi pertumpahan darah yang serius.

“Kami tidak bisa tinggal diam,” kata pemimpin pemuda Myanmar Esther Ze Naw kepada Reuters.

“Jika ada pertumpahan darah selama protes damai kita, maka akan ada lebih banyak jika kita membiarkan mereka mengambil alih negara,” tambahnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here