Peristiwa Jatuhnya Sriwijaya Sriwijaya Air JT 182, KNKT Minta Tak Semua Pihak Tak Berasumsi

Foto: net.

Centralnews – Jakarta, Terkait peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air JT 182, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) Soerjanto Tjahjono meminta semua pihak menunggu hasil investigasi keseluruhan KNKT.

Ia meminta, semua pihak tidak berasumsi dan mengeluarkan pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini lantaran sampai saat ini, ia mengaku data yang didapatkan dari proses investigasi masih kurang

“Saya berharap kita semua untuk tidak membikin asumsi atau perkiraan-perkiraan mengenai penyebab kecelakaan ini. Karena data masih jauh dari kurang,” ujar Soerjanto dalam konfrensi pers Laporan Pendahuluan Kecelakaan pesawat udara Boeing 737 SJ 182 dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Lebih lanjut, ia menuturkan, pihaknya masih terus berupaya menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) untuk mengetahui percakapan yang terjadi antara Pilot dan Co-pilot saat kejadian berlangsung.

Ia menambahkan, pihaknya sedang mengirim komponen-komponen yang sudah ditemukan ke perusahaan pembuatan komponen tersebut.

Loading...

Sementara itu, Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo Utomo menjelaskan, proses pencarian CVR masih mengalami kendala karena cuaca musim hujan, menyebabkan angin kencang, gelombang yang tinggi di wilayah perairan, serta lumpur di dasar laut.

“Dugaan kami terendam di bawah lumpur. Penyelam akan menggali secara manual sesuai wilayah-wilayah yang sudah kami kotak-kotakan. Mudah-mudahan tidak terlalu lama CVR bisa ditemukan,” terang Nurcahyo. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here