Ma’ruf Amin Sebut Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa

Foto; net, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Centralnews – Jakarta, Kurang dari dua bulan lagi umat Islam di seluruh dunia akan segera memasuki bulan Ramadhan. Saat Ramadhan yang jatuh sekitar April nanti, pemerintah Indonesia masih menggalakkan vaksinasi yang merupakan program nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan tidak akan membatalkan puasa.

“Tidak apa-apa (vaksinasi saat puasa), karena itu bukan masuk dari lubang. Kalau dari hidung, lubang mulut (batal), nah ini kan enggak,” kata Ma’ruf yang juga mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi milik Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/2/2021).


Untuk diketahui, program vaksinasi nasional untuk vaksin Covid-19 di Indonesia telah dimulai pada 13 Januari 2021. Program tersebut dimulai setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency used authorization (EAU) terhadap vaksin Sinovac asal China.

Masih mengutip dari Kompas.com, Vaksinasi Covid-19 menyasar sekitar 182 juta orang atau 70 persen dari total populasi di Indonesia. Sasaran tersebut dibuat karena pemerintah ingin membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Tenaga kesehatan adalah sasaran orang yang divaksin Covid-19 pada tahap pertama. Dalam vaksinasi tahap kedua yang diperuntukkan bagi pekerja publik, dimulai pada Rabu 17 Februari 2021. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here