Jokowi: Kita Harus Mendorong Kesetaraan Akses Vaksin bagi Semua Negara

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Centralnews – Jakarta, Kesetaraan akses vaksin Covid-19 bagi semua negara di dunia harus didoronh dan bahkan diperjuangkan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya,
keberadaan vaksin Covid-19 saat ini merupakan harapan bagi masyarakat dunia.

Negara-negara di dunia pun berpacu untuk mengamankan vaksin bagi kebutuhan masyarakatnya.

“Namun, jangan pernah lupa bahwa kita harus mendorong agar kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara dapat terus kita dorong,” ujar Jokowi saat memberi sambutan dalam acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic secara virtual yang ditayangkan YouTube Sekertariat Presiden dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

“Sehingga (isu) pentingnya kesetaraan vaksin bagi semua negara terus saya bawakan sampai di tingkat PBB,” kata dia.

Loading...

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut, ketersediaan vaksin bukan berarti menyelesaikan masalah pandemi.

Masyarakat, tambah Jokowi, harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kemudian, strategi pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan treatment (perawatan) harus terus dilakukan hingga pandemi Covid-19 berlalu. 

“Kita semua tahu bahwa Covid-19 ini tidak mengenal batas antarnegara. Dunia tidak bisa sepenuhnya bebas dari virus Corona jika masih ada satu saja negara yang belum bebas darinya, dari Covid-19,” kata Jokowi. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here