TPKAD Kota dan Kabupaten Tangerang Resmi Di kukuhkan

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang Resmi di kukuhkan oleh Wali Kota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kamis (25/03/22)

Centralnews-Tangerang, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang Resmi di kukuhkan oleh Wali Kota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kamis (25/03/22)

Adapun yang menjabat sebagai Koordinator dalam TPAKD adalah Sekretaris Daerah dari masing-masing Kabupaten Kota yang beranggotakan gabungan dari berbagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lembaga Jasa Keuangan, dan instansi/lembaga lainnya termasuk perusahaan milik pemerintah daerah dan swasta. 

Pembentukan TPAKD di Kota dan Kabupaten Tangerang ini adalah bentuk sinergi antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Pemerintah Daerah di Provinsi Banten dalam upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Provinsi Banten.

Selain itu lembentukan TPAKD ini juga merupakan perwujudan dari fokus pemerintah dari tingkat pusat dan daerah terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 82 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (Perpres SNKI).

TPAKD merupakan suatu forum 
koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan  percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. 

Loading...

Diharapkan dengan pembentukan TPAKD dapat menciptakan inovasi dan terobosan untuk membuka akses keuangan produktif bagi masyarakat tidak hanya di daerah perkotaan namun hingga seluruh pelosok daerah.

Selanjutnya TPAKD yang telah terbentuk akan menyusun dan mengimplementasikan program-program dalam rangka mempercepat akses keuangan kepada masyarakat. 

Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Dhani Gunawan Idat yang juga berperan sebagai Pengarah dalam TPAKD Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang menyampaikan bahwa program-program yang akan diimplementasikan nanti hendaknya dapat mengembangkan potensi-potensi di daerah baik dari sektor pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, dan lain-lainnya.

“Selain mengembangkan potensi di daerah TPKAD juga hendaknya bisa menyelesaikan permasalahan di daerah misalnya melalui gerakan menabung dengan sampah atau penyediaan akses Keuangan kepada usaha-usaha yang mendukung pelestarian lingkungan atau yang kita sebut sebagai Green Financing,”terang Dhani

“Secara khusus TPAKD nantinya juga diharapkan dapat menjembatani akses kredit/pembiayaan kepada UMKM melalui business matching,”imbuhnya

Perlu diketahui dengan dibentuknya TPAKD di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang ini, maka jumlah TPAKD yang telah dibentuk di seluruh Indonesia menjadi sebanyak 233 TPAKD dengan rincian 33 TPAKD di tingkat Provinsi dan 200 TPAKD di tingkat Kabupaten/Kota. (Ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here