Ingin Transparan, Erick Thohir Serahkan Laporan Keuangan BUMN ke Jokowi

Foto: net, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Centralnews – Jakarta, Dalam rangka meningkatkan transparansi perusahaan-perusahaan milik Negara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan menyerahkan laporan keuangan perusahaan-perusahaan pelat merah ke Presiden Joko Widodo.

“Insya Allah bulan ini, pertama kali secara tuntas, laporan keuangan BUMN bisa secara transparan dilihat oleh Menkeu dan Pak Presiden,” ujar Erick dalam konferensi pers virtual dikutip dari Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Lebih lanjut, Erick menuturkan, dengan adanya laporan itu Kepala Negara dan Bendahara Negara bisa mengetahui secara terperinci mengenai kondisi keuangan BUMN. Dengan begitu, Penyertaan Modal Negara (PMN) bisa diberikan dengan tepat sasaran

 “Jadi Pak Presiden akan melihat langsung berapa beban utang BUMN atau keperluan dari pendanaan yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan apa itu yang namanya penugasan atau aksi korporasi,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan, dirinya akan mengeluarkan aturan khusus terkait Penanaman Modal Negara (PMN) di perusahaan-perusahaan pelat merah. Hal ini dilakukan dalam rangka transparansi pada perusahaan-perusahaan milik negara. “Permen (peraturan menteri) yang akan kita keluarkan dalam waktu dekat ini yaitu Permen PMN, kita enggak mau lagi ada PMN-PMN yang tak transparan prosesnya,” ujar Erick dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/3/2021). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here