Jokowi Ungkap Dunia Cepat Berubah: Jangan Terjebak dengan Cara yang Biasa

Centralnews – Jakarta, Dalam Sidang Terbuka Senat Akademik DIES Natalis Ke-45 UNS yang tayang di YouTube, Jumat (12/3/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa dunia saat ini cepat mengalami perubahan akibat pesatnya perkembangan teknologi. Kemudian perubahan itu semakin dipercepat oleh pandemi virus Corona (COVID-19).

“Pandemi COVID-19 telah mengajarkan kepada kita untuk mendobrak cara-cara lama yang dulu dianggap tabu sekarang justru menjadi cara hidup baru,” katanya dikutip dari detikfinance, Jumat (12/3/2021).

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan, dalam dunia yang cepat berubah saat ini kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci untuk memenangkan kompetisi.

“Kita tidak boleh terjebak dengan cara biasa-biasa saja, kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja, cara-cara baru harus terus dikembangkan,” sebut Jokowi.

“Ukuran kinerja pun harus diubah, cara-cara penganggaran harus diubah, program-program kerja baru harus diperkenalkan,” sambungnya.

Bagi para pelaku startup, tambah Jokowi, cara-cara baru tersebut sudah menjadi landasan kerja mereka sejak awal. Tapi untuk institusi yang sudah berusia tua, menurutnya tak mudah untuk memperkenalkan cara-cara baru.

Loading...

“Bagi institusi yang sudah berusia 45 tahun, saya tahu seringkali tidak mudah untuk memperkenalkan cara-cara baru, tidak mudah untuk melakukan disrupsi terhadap diri sendiri. Padahal jika tidak berani mendisrupsi diri kita akan didisrupsi oleh zaman yang sedang berubah dengan cepat,” tambah Jokowi. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here