Pemerintah Upayakan Perbanyak Kawasan Industri Halal

Foto: net, Wakil Presiden Ma’ ruf Amin

Centralnews – Jakarta, Salah satu upaya untuk mengembangkan halal value chain dalam ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air adalah dengan pembentukan kawasan industri halal (KIH).

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menurutnya, pemerintah terus berupaya memperbanyak KIH tersebut.

Pasalnya, pengembangan halal value chain juga dinilainya sebagai salah satu tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Pemerintah saat ini terus berupaya memperbanyak pembentukan KIH,” ujar Ma’ruf saat membuka acara peresmian SHAFIEC, Center for Sharia Finance and Digital Economy Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Lebih lanjut, untuk melahirkan industri halal yang efisien, perlu dikembangkan ekosistem halal yang terintegrasi dalam kegiatan ekonomi, mulai dari input, produksi, distribusi, pemasaran, hingga konsumen. Hal itu pula yang menjadi tujuan pemerintah dalam membentuk beberapa KIH tersebut.

Loading...

Adapun salah satu kawasan industri halal yang telah ditetapkan Kementerian Perindustrian, tambah Ma,ruf, berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, yaitu SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP). Kawasan industri lainnya adalah Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten.

“Beberapa kebijakan lainnya untuk mendukung halal value chain juga dikembangkan,” kata Ma’ruf. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here