Jokowi Sebut Ekonomi Tunjukkan Tren Positif

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Dalam membuka Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3/2021), Presiden Joko Widodo menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah menunjukkan perbaikan. Meski demikian, ia mengakui perkembangan ini belum maksimal.

“Alhamdulillah ekonomi kita menunjukkan tren yang positif meskipun juga harus kita akui belum maksimal,” kata Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, berbagai kebijakan telah ditempuh pemerintah untuk bangkit dari krisis yang dtimbulkan pandemi. Banyak program prioritas diluncurkan untuk menolong ekonomi rakyat agar tetap bisa bertahan. Ia pun mengaku tak kenal lelah dalam menghadapi situasi pandemi.

“Tidak ada kata lelah dalam kamus saya, apalagi di masa krisis pandemi yang melanda dunia seperti sekarang ini,” ujar Jokowi.

Jokowi pun meminta dukungan dan partisipasi para kader PMII untuk berkontribusi atas ide, gagasan, dan kerja nyata dalam membantu dan menyelesaikan persoalan-persoalan besar negara. Ia ingin kader-kader PMII menjadi navigasi perubahan bangsa.

Loading...

Mantan Wali Kota Solo itu berharap PMII terus tumbuh dan berkembang menjadi organisasi kepemudaan yang inovatif dan adaptif, serta membuka diri terhadap hal-hal yang baru. Presiden mengingatkan bahwa dunia telah berubah dengan sangat cepat dan menimbulkan disrupsi. Oleh karenanya, dibutuhkan banyak perubahaan dan penguasaan terhadap ilmu dan teknologi.

“Perubahan selalu tidak ramah bagi yang tidak siap berubah dan berhenti belajar. Banyak organisasi, ini banyak, banyak organisasi harus rela digilas perubahan karena tidak sigap beradaptasi dengan perubahan,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, perekonomian Indonesia masih berada di zona resesi akibat pandemi Covid-19. Pada kuartal terakhir tahun 2020 pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi atau tumbuh minus 2,19 persen.

Masih mengutip dari Kompas.com, secara keseluruhan perekonomian Indonesia tahun 2020 tumbuh negatif 2,07 persen. Jokowi menargetkan ekonomi Tanah Air mengalami perbaikan di tahun 2021 dan bisa tumbuh mencapai 5 persen. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here