Wapres Ingatkan Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah adalah Kematangan

Foto: net, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin

Centralnews – Jakarta, Perkawinan merupakan hal penting untuk keberlanjutan hidup manusia di dunia. Namun perkawinan perlu dipersiapkan secara matang agar tercipta keluarga yang harmonis dan bahagia.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam ‘Seminar Pendewasaan Usia Perkawinan untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia’, yang disiarkan dalam YouTube Kemen PPPA, dikutip dari detikcom, Kamis (18/3/2021).

“Sebaliknya, perkawinan tanpa persiapan dan perencanaan yang matang acap kali membawa dampak tidak baik pada kehidupan keluarga tersebut, seperti keluarga yang tidak harmonis dan tidak bahagia,” kata Ma’ruf Amin.

Menurutnya, pernikahan merupakan suatu yang luhur dan sakral karena bermakna ibadah kepada Allah SWT. Pernikahan juga harus didasari keikhlasan, tanggung jawab, dan ketentuan sesuai hukum syariah serta hukum positif.

“Perintah nikah merupakan implementasi salah satu menjaga keturunan. Kendati demikian, sangatlah penting bagi yang hendak melangsungkan perkawinan, pernikahan untuk memahami petunjuk agama dan negara serta memiliki bekal pengetahuan yang memadai agar pernikahannya sesuai dengan syariah dan memiliki kesiapan lebih baik untuk memiliki keturunan serta rumah tangga yang sejahtera,” ucapnya.

Loading...

Hal paling utama yang harus disiapkan sebelum perkawinan, tambah Wapres, adalah kematangan. Ma’ruf menyebut calon mempelai harus memiliki kematangan mental terkait dengan pengetahuan dan kesadaran terhadap hak dan kewajiban sebagai suami-istri untuk melaksanakan perkawinan dan hidup bersama membina sebuah keluarga.

“Kemampuan yang dimaksud dalam hadis itu juga tidak hanya berarti kesiapan fisik semata, yang sering kali hanya sebatas fisik reproduksi, termasuk kehamilan dan persalinan. Kemampuan yang dimaksud jangan dimaknai secara kuantitatif semata, tapi harus dimaknai secara lebih kualitatif. Artinya, kemampuan di sini harus dimaknai adanya kematangan individu secara fisik dan mental,” katanya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here