Korea Utara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

Foto: net, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Centralnews – Jakarta, Korea Utara mengumumkan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia. Hal ini diumumkan Pyongyang pada Jumat (19/3/2021) setelah Negeri Jiran mengekstradisi seorang warga Korut ke Amerika Serikat (AS).

“Pada 17 Maret, pihak berwenang Malaysia melakukan kejahatan yang tidak dapat diampuni … dengan secara paksa mengirimkan warga negara yang tidak bersalah (Korut) ke AS,” bunyi pernyataan itu, dikutip AFP dari media Korut, KCNA.

“Kementerian luar negeri Korut dengan ini mengumumkan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia.”

Warga Korea Utara, Mun Chol Myong, diekstradisi dari Malaysia ke AS setelah dituduh melakukan pencucian uang di Negeri Paman Sam. Hal tersebut dinilai Korea Utara sebagai tindakan kejahatan.

Malaysia disebut telah melakukan tindakan bermusuhan terhadap Pyongyang. Tetangga RI itu juga diklaim terlalu tunduk pada tekanan AS.

Loading...

Belum ada komentar lebih lanjut dari Malaysia.

Warga Korut yang diekstradisi disebutkan bernama Mun Chol Myong. Ia kalah di pengadilan tinggi Malaysia 3 Maret lalu, setelah banding soal ekstradisi ke AS.

Laporan FBI menyebut Mun menghadapi tudingan pencucian uang. Ia, yang sudah tinggal bertahun-tahun di Asia Tenggara, diminta diekstradisi ke Washington setelah ditangkap 2019 lalu.

Ia disebut memimpin kelompok kriminal yang melanggar sanksi PBB dan AS.

Ia disebut memimpin kelompok kriminal yang melanggar sanksi PBB dan AS.  Kelompok itu memasok barang terlarang ke Korut dan mencuci dana melalui perusahaan.

Laporan itu menyebut ini terkait pekerjaan Mun di Singapura. Meski tak merujuk spesifik kasus Mun, ada banyak pengiriman barang mewah dari Sngapura ke Korut, mulai dari minuman keras hingga jam tangan. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here