Segudang Destinasi Wisata, Toilet di Banten Belum Ramah Difabel

Centralnews – Serang, Segudang destinasi wisata di Banten, namun masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan, seperti toilet yang bersih dan nyaman. Bahkan, WC dilokasi wisata, dianggap masih belum ramah difabel.

“Kita melihat toilet wisata di Banten yang tidak layak untuk penyandang disabilitas,” kata Ketua Satgas Toilet Indonesia (STI) Banten, Pujiyanto, di Kota Serang, Senin (05/04/2021).

Kebersihan dan bangunan toilet juga dianggap belum memadai. Bangunannya masih kerap dijumpai terbuat dari bilik, seng, hingga terpal. 

Sanitasi air bersih juga masih kerap sulit ditemui. Kemudian ukuran toilet yang sempit, menyulitkan aktifitas didalamnya. Bahkan kerap kali lokasi toilet sulit dijangkau wisatawan.

“Masih memprihatinkan, kondisi kebersihan belum terjaga dengan baik. Tujuan kami ini kan dalam rangka menjaga kebersihan toilet diseluruh destinasi pariwisata di Banten. Dari sisi bangunan saat ini masih banyak yang belum dilakukan revitalisasi,” terangnya. 

Loading...

Menurut Pujiyanto, kebersihan dan fasilitas toilet menjadi salah satu penunjang destinasi wisata. Jika kondisinya nyaman dan bersih, dianggapnya bisa menjadi daya tarik wisatawan.

“Toilet menjadi penunjang wisata yang sangat penting. Jika terjaga kebersihannya, bisa mengundang wisatawan,” jelasnya. (Yandhi/TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here