Sore Ini, Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1442 H

Foto: net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Jakarta, Kementerian agama akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1442 sore ini, Senin (12/4/2021). Dalam pelaksanaan siding isbat penentuan 1 Ramadhan 1442 H dilakukan dengan tiga tahapan.

Pertama, pada pukul 16.45 WIB, akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini akan disiarkan langsung melalui tayangan televisi. Kedua, setelah shalat maghrib, akan digelar sidang isbat awal Ramadhan. Tahap ini digelar secara tertutup. Ketiga, akan digelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama. Penyampaian keputusan akan akan disiarkan TVRI dan media sosial Kemenag.

Lantas, bagaimana para ilmuwan melihat posisi hilal?
 

Seperti diketahui, Hilal adalah bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di atas cakrawala langit barat, dan sudah diamati tepat selepas terbenamnya Matahari. Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan kepada Kompas.com 22 April 2020, terbenamnya matahari adalah patokan dalam menentukan hilal.

“Hilal menjadi penentu bagi awal bulan kalender Hijriyyah karena sifatnya. Bilamana pada senja hari hilal terlihat, maka di senja hari sebelumnya hilal tidak akan ada di atas cakrawala langit Barat karena Bulan memang tidak ada di sana,” jelas Marufin. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here