Jokowi Tekankan Sikap RI Soal Konflik Myanmar di Depan Angela Merkel

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Didepan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan terkait konflik di Myanmar bahwa sikap Indonesia sangat jelas dari awal.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia meminta agar aksi kekerasan di Myanmar dihentikan dan mendorong adanya dialog.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Angela Merkel secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (13/4/2021).

Pertemuan yang sedianya dijadwalkan terbuka oleh awak media, akhirnya dilakukan secara tertutup. Pertemuan ini dilakukan satu hari setelah pembukaan Hannover Messe 2021.

Dalam pertemuan tersebut salah satu yang menjadi topik pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah konflik yang terjadi di Myanmar. Kedua pimpinan saling bertukar pikiran mengenai isu di kawasan.


“Dialog diantara mereka diharapkan dapat segera dilakukan untuk mengembalikan demokrasi, stabilitas dan perdamaian di Myanmar,” kata Jokowi, dikutip keterangan resmi, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut, untuk membahas persoalan Myanmar, Indonesia sendiri telah mengusulkan adanya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN. Saat ini, persiapan untuk menggelar KTT terus dilakukan.

Secara garis besar, kedua pimpinan negara membahas secara terbuka sejumlah isu mulai dari kerja sama di bidang kesehatan, kerjasama ekonomi, hingga perubahan iklim. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here