Ma’ruf Amin Jelaskan Alasan Perbankan Syariah Bertahan di Masa Pandemi

Foto: net, Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Centralnews – Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan alasan bertahannya perbankan syariah ditengah pandemi.

Menurutnya, sektor perbankan syariah tidak hanya bertahan bahkan mengalami pertumbuhan positif di tengah pandemi Covid-19.

Sama halnya seperti dalam bermudharabah atau kerja sama antara pemilik dana dan pengelola dana, sistem bagi hasil membuat kedua belah pihak memperoleh besaran keuntungan yang sama.

“Jadi sistem berkeadilan ini yang membuat bank sendiri tidak mengalami negatif dan beban kepada nasabah disesuaikan dengan situasi ekonomi,” ujar Ma’ruf dalam program Economic Challenges Special Ramadhan secara virtual, dikutip dari Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Lebih lanjut, ia menuturkan, hal tersebut lah yang membuat sektor perbankan syariah di Tanah Air masih bisa bertahan meski sempat berkontraksi di masa pandemi Covid-19.

Loading...

“Peluang ekonomi syariah tumbuh meski pandemi Covid-19 sangat besar sehingga pemerintah fokus dalam pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah,” kata dia.

Masih mengutip dari Kompas.com, salah satu caranya adalah dengan membangun ekosistem syariah yang berkesinambungan. Mulai dari industri halal, sistem keuangan, hingga menumbuhkan pengusaha-pengusaha muslim yang baru maupun yang sudah eksis. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here