BPOM Targetkan Vaksin Merah Putih Mulai Diproduksi pada Awal 2022

Foto: net, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito.

Centralnews – Jakarta, Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) ditargetkan mulai diproduksi pada awal 2022. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito.

Menurutnya, Universitas Airlangga akan berkolaborasi dengan PT Biotis dalam memproduksi vaksin merah putih tersebut.

“Jadi awal bulan dari 2022 harapannya adalah sudah bisa diproduksi secara massal, itu (vaksin merah putih) yang platformnya inactivated virus yang bersama dengan PT Biotis,” kata Penny dalam konferensi pers, dikutip dari Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Lebih lanjut, Penny mengatakan, untuk memenuhi good manufacturing practice (GMP) uji klinik terhadap vaksin, pihaknya akan mendampingi Universitas Airlangga dan PT Biotis


“Saya kira sudah dipenuhi dalam beberapa bulan ke depan,” ujar dia.

Loading...

Penny berharap, vaksin merah putih yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler (LMB) Eijkman dan PT Bio Farma dengan platform protein rekombinan dapat diproduksi pada 2022 dan dapat dipercepat.

 “Harapannya adalah akhir semester satu 2022 EUA bisa diberikan, artinya uji klinik sudah selesai, harapannya pada semester kedua dari 2022 bisa diproduksi,” ucap dia. 

“Saya kira timeline ini, mudah-mudahan juga bisa ada percepatan terkait dengan hal tersebut,” kata dia. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here