Jokowi: Mungkin Akan Ada Industri Kaca Terbesar di Asia Tenggara di Batang

Sejumlah alat berat beroperasi di pembangunan akses darurat Tol Trans Jawa di sekitar wilayah Kawasan Industri Terpadu Batang, di Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/8/2020). Menurut Bupati Batang Wihaji, pembangunan akses darurat Tol Trans Jawa itu dipergunakan khusus untuk jalur pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang, dengan pada September mendatang akan dimulai pembangunan infrastruktur. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.

Centralnews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Kunjungan tersebut dilakukan usai meninjau panen padi di Indramayu.

Jokowi di KIT Batang mengecek kesiapan lahan seluas 4.300 hektar (ha) sebelum dimasuki investasi.

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, dari total luas lahan tersebut, saat ini dipersiapkan seluas 450 ha yang disiapkan untuk menyambut masuknya investasi terutama di bidang teknologi.

“Oleh sebab itu siang hari ini saya mengecek kesiapan dari kawasan Indristi di Batang ini,” tuturnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, dikutip dari detikFinance, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bulan depan akan ada pembangunan industri kaca di KIT Batang. Investasi tersebut diyakini akan menjadi industri kaca terbesar se-Asia Tenggara.

Loading...

“Nanti di bulan Mei akan ada groundbreaking peletakan batu pertama untuk industri kaca. Mungkin akan menjadi industri kaca yang terbesar di Asia Tenggara,” ucapnya.

Selain itu, akan ada investasi industri bahan baku baterai (prekursor dan katoda) yang masuk ke KIT Batang sebulan setelahnya atau di Juli 2021.

“Ini tadi sudah saya perintahkan pada jajaran manajemen agar segera ini bisa dipakai. Segera bisa dibangun dan kita harapkan ini akan menyerap tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya, memberikan peluang pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya,” ucapnya.

investasi yang masuk ke KIT Batang, harap Jokowi, juga bisa menggerakkan roda ekonomi sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Akan saya cek secara rutin kawasan Industri di Batang ini. Karena ini memang sebuah kawasan yang sangat besar sekali yang memiliki daya saing yang sangat baik,” tutupnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here