Jokowi Sebut Pemerintah Tak Senang Impor Beras

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Saat meninjau panen di Desa Wanasari, Indramayu, Rabu (21/4/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa sesungguhnya pemerintah tidak senang mengimpor beras. Namun, ada hal-hal yang terkadang menyebabkan pemerintah harus menempuh langkah tersebut.

Hal tersebut, misalnya, terjadi situasi tertentu yang menyebabkan kurangnya stok beras nasional.

“Pemerintah sebetulnya tidak senang dan tidak suka yang namanya impor beras,” kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

“Tetapi, karena hitung-hitungan banyak yang kena banjir, kemudian pandemi, kadang-kadang memang hitung-hitungan kalkulasi itu, waduh ini kurang. Sehingga, perlu tambahan untuk cadangan,” tuturnya.

Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa bahwa pemerintah tidak akan mengimpor beras hingga Juni 2021. Bahkan, jika produksi beras dalam negeri bagus, hingga akhir tahun tak akan dilakukan impor.

Loading...

“Sudah kita putuskan bahwa sampai Juni tidak ada impor. Insya Allah nanti juga sampai akhir tahun kalau kita tahan produksinya bagus, berarti juga tidak akan impor,” ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, pemerintah terus berupaya untuk membangun sistem pertanian yang baik. Saat mengunjungi para petani di Indramayu, misalnya, Jokowi berjanji untuk mengirimkan traktor dan pompa lantaran petani mengeluhkan sulitnya mencari tenaga kerja saat panen raya.

Melalui pemberian bantuan ini, Jokowi ingin produksi pertanian terus didorong.

“Kita harapkan akan menjadi sebuah ketahanan pangan bagi negara kita Indonesia tentu saja kita juga ingin swasembada,” kata dia.

Masih mengutip dari Kompas.com, Sebelumnya, terjadi polemik impor beras pada Maret 2021. Namun, pada akhir Maret, Presiden menegaskan bahwa tak akan ada impor beras hingga Juni 2021.

Pemerintah, tambah Jokowi, memang menjalin MoU dengan Thailand dan Vietnam terkait pengadaan beras. Namun, kerja sama itu dibuat hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Jokowi memastikan bahwa hingga saat ini beras tersebut belum masuk ke Tanah Air.

“Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021). (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here