Istana: Presiden Jokowi, Wapres, Semua Menteri, Kepala Lembaga Tak Mudik Lebaran

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengungkapkan, Presiden Joko Widodo tidak akan melaksanakan mudik atau pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah, pada Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang.

“Presiden juga telah menyampaikan Lebaran tidak mudik. Mas Gibran (putra Jokowi) juga sudah mengatakan ‘Bapak saya Presiden Joko Widodo beliau tidak akan pulang ke Solo,” ujar Fadjroel saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

“Saya bisa menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden, semua Menko, semua menteri, semua kepala lembaga itu tidak ada satupun yang pulang kampung atau mudik Lebaran. Tidak ada satupun,” lanjutnya.

Lebih lajut, Fadjroel menuturkan, pemerintah sendiri telah menetapkan larangan mudik Lebaran pada 6 Mei – 16 Mei 2021. Maka dari itu, teladan untuk tidak mudik diperlukan untuk memberi contoh kepada masyarakat.

Berdasarkan surat edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1422 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Ramadhan 1422 Hijriah yang diterbitkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, surat edaran tersebut ditegaskan bahwa mudik Lebaran 1422 Hijriah tidak diperbolehkan dilakukan pada 6-17 Mei 2021.

Loading...

Satgas kemudian menerbitkan adendum atau peraturan tambahan untuk SE Nomor 13 Tahun 2021 itu. Secara umum, penambahan aturan itu menyasar dua hal pokok.


Maih mengutip dari Kompas.com, Pertama, pengetatan peraturan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik pada H-14 masa pelarangan mudik. Kedua, pengetatan untuk masyarakat yang melakukan perjalanan pada H+7 setelah masa larangan mudik.

Merujuk kepada masa pelarangan mudik yang jatuh pada 6-17 Mei 2021, maka aturan pengetatan perjalanan ini berlaku pada 22 April – 5 Mei 2021 dan 18 Mei – 24 Mei 2021. Kemudian, aturan tambahan ini juga mengatur rincian teknis masyarakat yang melakukan perjalanan dengan transportasi darat, laut dan udara. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here