Jokowi: Kita Harus Memperoleh Manfaat Maksimal dari Perkembangan Teknologi

Foto: net, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Centralnews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat Indonesia tak hanya menjadi pengguna, tetapi ikut menjadi produsen dari teknologi itu sendiri. Ia menilai perkembangan teknologi saat ini begitu cepat sehingga menyebabkan ketatnya kompetisi antarnegara di dunia.

“Kita harus memperoleh manfaat maksimal dari perkembangan teknologi,” kata Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

“Dan dalam perkembangan teknologi yang sangat cepat, apalagi akan dimulainya konektivitas digital 5G, hati-hati, kita jangan hanya menjadi pengguna. Kita jangan hanya menjadi smart digital users,” ucap dia dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan  menjadi kunci untuk memenangkan persaingan global yang semakin kompetitif. Menurutnya, Indonesia harus mencetak smart digital specialist dan para teknolog andal. Diharapkan, mereka mampu membuka lapangan pekerjaan.

“Dan harus mengembangkan smart digitalpreneur yang mengembangkan kewirausahaan dan membuka lapangan kerja di dalam negeri,” ujar dia.

Loading...

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut, hampir semua perusahaan saat ini bergerak di bidang teknologi.

Di sektor keuangan misalnya, sudah marak bermunculan perusahaan financial techology (fintech). Perusahaan itu mampu mengoperasikan bisnis dengan sangat efisien.

 Industri keuangan pun sudah mulai bergeser menjadi perusahaan yang mengandalkan teknologi dan inovasi. Di bidang kesehatan, pengembangan perusahaan health tech juga semakin pesat. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here