Barang COD Tak Sesuai? Jangan Protes ke Kurir dan Harus Tetap Bayar

Foto: net, Ilustrasi gambar.

Centralnews – Jakarta, Saat melakukan perbelanjaan online dengan metode Cash On Delivery (COD), pembeli yang merasa pesanannya tak sesuai dengan yang diinginkan dapat mengajukan complain dimarketplace.

“Dalam jangka waktu tertentu, kita berhak mengajukan komplain dan itu dimediasi dengan platform. Kita kirimkan foto. Kalau memang kita harus kirim balik barangnya, ya kita kirim balik,” jelas Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (idEA) Bima Laga dalam program e-Life, Jumat (21/05/2021), lewat Zoom dikutip dari detikcom, Selasa (25/5/2021).

Namun, tak sedikit pembeli yang belum memahami tentang mekanisme tersebut sehingga berakibat menyalahkan sang kurir atau pengirim paket. Diketahui, tugas seorang kurir hanya mengantarkan barang. Maka dalam hal ini pembeli tetap diharuskan membayar barang yang sudah diantar oleh kurir ketika paket sudah sampai ditempat, adapun ketidaksesuaian paket bisa diajukan complain pada penjual di marketplace.

“Sesuai dengan T&C (Terms and Conditions), dia bayar dulu, gitu. Kalau nggak sesuai, ajukan komplain ke marketplace. Baru sesudah itu, minta refund. Prosesnya memang lebih lama dibandingkan ‘Ya udah saya nggak mau bayar!’, tapi itu nggak menyelesaikan masalah, menurut saya,” terang Bima.

Lebih lanjut, Bima menekankan, saat melakukan COD idealnya pembeli telah menyepakati pembelian itu. Ia juga mengingatkan pentingnya komitmen saat melakukan COD.

Loading...

“Idealnya kita sudah berkomitmen, sudah membeli gitu ya. Jadi sebelum barangnya dibuka, idealnya memang sudah harus melakukan pembayaran terlebih dahulu,” katanya.

“Jadi kalau COD itu bayar dulu ke kurir, kalau ada masalah komplainnya via marketplace atau e-commerce ke penjualnya. Kurir dalam COD adalah pihak ketiga yang fungsinya sama seperti jika kita memilih sistem pembayaran yang lain.” Tutupnya. (TR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here